SELAMAT DATANG DI TEMPAT MENGKAJI KITAB WAROQOT YANG ISINYA MENJELASKAN DASAR-DASAR ILMU USHUL FIQH



silahkan tuliskan suatu kata/kalimat yang mungkin ada di Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

BAB-BAB DALAM USHUL-FIQH : menerangkan tentang kalam

post on: Jumat, Juni 10, 2011
Bab-bab yang dibahas dalam usul fiqh adalah : tentang pembagian kalam, amr, nahi, 'am, khos dan juga tentang muthlaq & muqoyyad. Sekarang akan di jelaskan tentang kalam dahulu, mushonnif menuliskan dalam al-waroqot sbb:

وأبواب أصول الفقه أقكسام الكلام والأمر والنهى والعام والخاص ويذكر فيه المطلق والمقيد والمجمل والمبين والظاهر وفى بعض النسخ والمؤول وسيأتى والأفعال والناسخ والمنسوخ والإجماع والأخبار والقياس والحظر والإباحة وترتيب الأدلة وصفة المفتى والمستفتى وأحكام المجتهدين

فأقل ما يتركب منه الكلام إسمان نحو زيد قائم

أو اسم وفعل نحو قام زيد

أو فعل وحرف نحو ماقام اثبته بعضهم ولم يعد الضمير فى قام الراجع إلى زيد مثلا لعدم ظهوره والجمهوره على عده كلمة

أو اسم وحرف وذلك فى الندى نحو يازيد وإن كان المعنى أدعو أو أنادى زيدا
penjelasan:

Batasan minimal dari sebuah kalam adalah terdiri dari :

1‎. DUA ISIM.
Dua isim disini bisa berupa : mubtada khobar, mubtada & fa'il yg menempati kedudukan khobar, mubtada & naibul fail yg menempati kedudukan khobar, atau isim fi'il dan fa'il. Contohnya seperti : زيدقائم = zaid berdiri (ini kalam yg terdiri dari mubtada dan khobar), أقائم زيد = apakah zaid berdiri? (mubtada dan fa'il yg menempati kedudukan khobar), أمضروب زيدان‎ = apakah yg dipukul itu zaid? (mubtada dan naibul fa'il yg menempati kedudukan khobar),
هيهات العقيق
=jauh skali lembah 'aqiq itu (isim fi'il dan fail).

2‎. ISIM DAN FI'IL.
Isim dan fi'il ini bisa brupa : fi'il dan fa'il atau fi'il dan naibul fa'il. Contohnya seperti : قام زيد = zaed berdiri (fi'il dan fa'il), ضرب زيد = zaid dipukul (fi'il dan naibul fa'il).

3. FI'IL DAN HURUF.
Seperti contoh : ماقام, contoh ini menurut sbgian ulama terdiri dua kalimat, yakni kalimat huruf (ما) dan kalimat fi'il (قام), sdangkan dhomir "huwa" yg menjdi failnya قام yg tersimpan (dhomir mustatir) tidak dihitung, karena tidak tampak dlm pengucapan. Namun jumhur ulama berpendapat bhw contoh di atas (ماقام) terdiri dari 3 kalimah, dgn menghitung dhomir mustatir (huwa yang tersimpan).

4. ISIM DAN HURUF.
Contohnya : يازيد =wahai zaid!! ( huruf nida' {ya} dan isim {zaidu} ). Menurut qoul dlo'if, contoh ini dianggap terdiri dari huruf dan isim. Akan tetapi menurut qoul yg kuat, huruf nida tersebut hanya menggantikan kedudukan kalimat fi'il, yakni lafadz : أدعو atau أنادى (aku memanggil) yg dikira-kirakan. Jadi sebenarnya يازيد ini terdiri dari fi'il dan isim, bukan terdiri dari isim dan huruf.

POSTING BERKAITAN
TEMPLATE DESIGN BY
m-template | by: bagas96

Demi kelangsungan blog ini, silahkan untuk meng-klik iklan dibawah ini, gratis!!!!!

PESAN


Entri Populer Minggu ini

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

Your browse

Mengenai Saya

Foto saya
tegal, jawa tengah, Indonesia

Pengikut

#top I powered by blogger.com