Kali ini akan diterangkan kalimat 'Aam dan karena keterangannya banyak, maka akan dibagi menjadi beberapa posting.
وأما العام فهو ما عم شيئين فصاعدا من غير حصر من قولهم عممت زيدا وعمرا بالعطاء أى شملتهم به ففى العام شمول وألفاظه الموضوعة له أربعة الإسم الواحد المعرف بالألف واللام نحو إن الإنسان لفى خسر إﻻ الذين آمنوا
واسم الجمع المعرف باللام نحو فاقتلوا المشركين
والأسماء المبهمة كمن فيمن يعقل كمن دخل دارى فهو آمن
وما فيما ﻻ يعقل نحو ما جاءنى منك أخذته
وأى إستفهامية أو شرطية أو موصولة فى الجميع أى من يعقل وما ﻻ يعقل
نحو أى عبيدى جاءك أحسن إليه وأى الأشياء أردت أعطيتكه وأين فى المكان نحو أينما تكن أكن معك ومتى فى الزمان نحو متى شئت جئتك وما فى الإستفهام نحو ما عندك والجزاء نحو ما تعمل تجز به وفى نسخة والخبر بدل الجزاء نحو عملت ما عملت وغيره كالخبر على النسخة الأولى والجزاء على الثانية وﻻ فى النكرات نحو ﻻ رجل فى الدار
Penjelasan :
'Aam menurut lughot berarti الشمول (menyeluruh). Sedangkan menurut istilah, 'aam adalah :
لفظ يعم دفعة واحدة أكثر من واحد من غير دلالة على حصر
"suatu lafadz yg cakupan artinya lebih dari satu dgn tanpa menunjukkan adanya batasan".
Dgn arti lain, 'am adalah kata/lafadz yg memberi pengertian umum, meliputi segala sesuatu yg terkandung dlm kata itu dgn tdk terbatas. Yg dimaksud "dgn tanpa menunjukkan batasan" disini adalah dgn melihat dilälah-nya lafad, tdk melihat kenyataan yg sebenarnya. Seperti السموات disbut 'am krn dilihat dri lafadnya tdk ada yg menunjukkan kpd btasan tertentu, meskipun dlm kenyataannya langit itu jumlahnya hanya 7 lapis tdk lebih . Sedangkan lafad ألف ألف (sejuta) bukan termasuk 'am krna dilihat dri dilälah lafadnya menunjukkan jumlah yg terbatas, meskipum dlm kenyataannya sangat sulit menghitung benda/barang yg jumlahnya mencapai sejuta {an-nafahat,70}.
Isim nakiroh dlm kalam mutsbat bukan termasuk lafad yg 'am, seperti أكرم رجلا (muliakanlah seorang lelaki), krna meskipun lelaki pd contoh ini tdk ditentukan orangnya, namun hanya terbatas satu orang saja.
Makna yg tercakup oleh lafad yg 'am adalah satu persatunya afrod (anggota), tdk mengarah kpd kumpulan afrod. Oleh karna itu pada kalimat
كل رجال البلد يحملون الصخرة العظيمة
"seluruh lelaki dikampung itu mengangkat batu yg besar" lafad : كل رجال البلد tdk bisa disebut 'am, krna yg mengangkat batu yg besar itu bkan satu-persatu dri lelaki kampung, tpi kumpulan dri smua lelaki dikampung itu. Berbeda dengan contoh :
جاء الرجال فى المسجد يوم الجمعة
"semua lelaki datang kemasjid pada hari jumat". Maka yg dimaksud الرجال adalah setiap (satu-persatunya) lelaki, bukan kumpulan para lelaki {an-nafahat,70}.
Lafad yang menunjukkan arti 'aam terdiri 4 macam:
1. ISIM MUFROD yg dima'rifatkan dgn alif lam (أل). Yg dimaksud أل disini adalah أل istighroq, yaitu أل yg berarti menghabiskan seluruh afrod. Contohnya:
إن الإنسان لفى خسر إﻻ الذين آمنوا
"sesungguhnya seluruh manusia itu merugi, kecuali org2 yg beriman...". Lafad الإنسان termasuk lafad 'am krn merupakan isim mufrod (kata benda tunggal) yg kemasukan al istighroqiyah. Begitu juga pda Q.S.AL-BAQOROH:275, lafad al-bai dan al-riba.
2. ISIM JAMA' yg dima'rifatkan dgn أل. Yg dimaksud isim jama' disini :
اللفظ الدال على جماعة
"lafad yg menunjukkan arti golongan/kaum". Isim jama' mencakup:
a) jama', yaitu:
ما دل على أكثر من اثنين دﻻلة تكرار الواحد بالعطف
"suatu lafad yg menunjukkan arti lebih dari dua, sebagaimana arti yg ditunjukkan oleh lafad mufrod yg diulang-ulang dgn cara di 'athofkan" {an-nafahat,72}. Contohnya : فاقتلوا المشركين "bunuhlah orang2 musyrik". Lafad المشركين menunjukkan arti golongan org2 musyrik, yakni lebih dari dua hingga tdk terbatas. Dan arti yg ditunjukkan oleh المشركين sama dgn lfad المشرك yg diulang2 dgn huruf 'athof, seperti المشرك والمشرك والمشرك.
b) isim jins al-jam'i, yaitu:
ما كان موضوعا للحقيقة ملغى فيه إعتبار الفردية ويفرق بينه وبين واحده بالتاء غالبا
"lafad yg menunjukkan hakikat sesuatu, tnpa memandang satu-persatunya afrod. Antara jama' & mufrodnya, pada umumnya dibedakan dgn ta". Seperti lafad لتمر قوت (semua jenis kurma itu merupakan makanan yg menguatkan). Lafad at-tamru dsni menunjukkan arti semua jenis kurma tanpa memilah-milahnya.
c) isim jama' yaitu :
ما دل على أكثر من اثنين دﻻلة المفرد على جملة أجزاء مسماه
"suatu lafad yg menunjukkan arti lebih dari dua, sbgaimana arti yg di tunjukkan isim mufrod atas keseluruhan bagian2 yg dicakupnya" {an-nafahat, 71}. Seperti lafad القوم yg mencakup semua anggota kaum, yang terdiri dari zaed, umar, bakr,,, dst secara keseluruhan. Makna yg di tunjukkan oleh lafad القوم ini, seakan menyamai lafad زيد yang menunjukkan atas bagian2 tubuh zaed yg terdiri dari kepala, tangan, perut, kaki,,, dst.
3. ISIM MUBHAM
4. ISIM NAKIROH
untuk point ke 3 & 4, akan diterangkan pada postingan selanjutnya ^_^
Demi kelangsungan blog ini, silahkan untuk meng-klik iklan dibawah ini, gratis!!!!!
PESAN
Entri Populer Minggu ini
-
Jika larangan tersebut mengarah kpd PERKARA DILUAR IBADAH atau DILUAR MU'AMALAH & keberadaannya tdk menetap, maka tdk menyebabkan ba...
-
Bab-bab yang dibahas dalam usul fiqh adalah : tentang pembagian kalam, amr, nahi, 'am, khos dan juga tentang muthlaq & muqoyyad. Sek...
-
Kali ini mushonif menulis tentang Haram & Makruh : والمحظور من حيث وصفه بالحظراى الحرمة مايثاب على تركه امتثاﻻ ويعاقب على فعله ويكفى فى...
-
Slanjutnya imam haromain dalam waroqotnya menerangkan ilmu dan jahl, beliau menuliskan : والفقه بالمعنى الشرعى أخص من العلم لصدق العلم بال...
-
Kali ini akan menerangkan hukum yg selanjutnya, yaitu Shohih. Kyai mushonif menuliskan dalam "waroqot"nya : والصحيح من حيث وصفه ...
-
Maaf lama ga posting disini dikarenakan sibuk ditempat lain :-) الذى يدخل فى الأمر والنهى وماﻻ يدخل هذه ترجمة يدخل فى خطاب الله تعالى المؤ...
-
Pembahasan macam2 hukum selanjutnya adalah mubah. Dalam hal ini kyai mushonif menulis : والمباح من حيث وصفه بالإباحة ما ﻻ يثاب على فعل...
-
بسم الله الرحمن الرحيم kyai mushonif telah membahas tentang definisi ilmu yg menjadi bagian dari "idrok jazim" yaitu pemahaman yg...
-
Setelah menerangkan amr, sekarang akan diterangkan lawan dari amr, yakni nahi & macam2nya. Mushonif menuliskan : والنهى إستدعاء أى طلب ...
-
Lanjutan posting sebelumnya :) dah lama gak posting jdinya alexa rank nya jadi nol lagi ;( okeh langsung aja kita lanjutkan pembahasan tenta...