SELAMAT DATANG DI TEMPAT MENGKAJI KITAB WAROQOT YANG ISINYA MENJELASKAN DASAR-DASAR ILMU USHUL FIQH



silahkan tuliskan suatu kata/kalimat yang mungkin ada di Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

MENERANGKAN KALIMAT AMR DAN MACAM-MACAMNYA (bag 1)

post on: Selasa, Juli 05, 2011
والأمر استدعاء الفعل بالقول ممن هو دونه على سبيل الوجوب فإن كان الإستدعاء من المساوى سمى إلتماسا ومن الأعلى سمى سؤاﻻ وإن لم يكن على سبيل الوجوب بأن جوز الترك فظاهره أنه ليس بأمر أى فى الحقيقة‎
penjelasan :
Pengertian amr adalah:
طلب الفعل ممن هو دونه على سبيل الوجوب‎
"menuntut kepada orang yg sebawahnya, untk mengerjakan sesuatu dgn tuntutan yg mengharuskan".
Jadi bisa disimpulkan, bhw orang yg memerintah kedudukannya hrus lebih tinggi dripada org yg di perintah. Pendapat ini didukung oleh abu ishaq asy-syairozi, ibnu shobagh & sam'ani (an-nafahat: 50).

Sementara imam ar-rozi, al-amudi & ibnu hajib berpendapat: "orang yg menyuruh/merintah tdk harus lebih tinggi dripda yg diperintah, namun disyaratkan memposisikan diri seakan-akan lebih tinggi daripada org yg di perintah". Dan imam subkhi dlam jam'ul jawami' berpendapat :" org yg memerintah tdk harus lebih tinggi dripada org yg diperintah dan juga tdk harus memposisikan diri lebih tinggi dripada org yg diperintah". Pendapat ini adalah yang rojih (kuat).

Amr harus berupa permintaan/perintah yg bersifat mewajibkan. Dengan dmikian, perkara2 sunah yg hanya brupa anjuran tdk termasuk dlm kategori perkara yg diperintahkan (ma'mur bih). Pendapat ini didukung oleh as-sarakhsi, abu yusri & para ulama ahli tahqiq syafi'iyyah (an-nafahat hlm 50). Mereka berpegang pda hadits :
لو ﻻ أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك‎
"kalau tdk memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak". Pada hadits ini tersirat suatu mafhum, bhw bersiwak yg merupakan perkara sunah, ternyata bukan termasuk perkara yg diperintahkan oleh Rosulullah.

Qodli abu bakar & sbagian ulama berpendapat "perkara sunah termasuk suatu yg diperintahkan". Dalam hal ini mrka berargumen:
1‎. Perkara sunah termasuk ibadah, sedangkan ibadah pasti diperintahkan
2‎. Para ahl lughot tlah sepakat, bhw amr terbagi dua yakni perintah yg sifatnya mewajibkan dan perintah yg hanya bersifat anjuran.

Permintaan dari orang yg sederajat dgn org yg diperintah disebut iltimäs. Sdangkan permintaan yg datang dari org yg drajatnya sebawahnya org yg diperintah, disebut dgn su'al atau do'a (permohonan), contohnya rakyat kpda penguasa.

Mayoritas ulama berpendapat: "amr secara lughot, syara' maupun akal pada hakikatnya menunjukkan hukum wajib, dan jika diarahkan pda hukum sunah berarti menggunakan makna majaz" (an-nafahat 50).

Adapun macam2 kalimat amr adalah:
والصيغة الدالة عليه‎ ‎إفعل نحو إضرب وأكرم واشرب وهى عند الإطلاق والتجرد عن القرينة الصارفة عن طلب الفعل تحمل عليه أى على الوجوب نحو أقيمو الصلاة إﻻ ما دل الدليل على أن المراد منه الندب أو الإباحة فيحمل عليه أى على الندب أو الإباحة مثال الندب فكاتبوهم إن علمتم فيهم خيرا ومثال الإباحة وإذا حللتم فاصطادوا وقد أجمعوا على عدم وجوب الكتابة والإصطياد‎
Penjelasan :
Shigot yang menunjukkan makna amr adalah إفعل atau sesamanya, isim fi'il amr dan fi'il mudhore yg kemasukan lam amr. Contohnya إعلم =ketahuilah (fi'il amr berwazan if'al), أنصر =tolonglah (fi'il amr berwazan uf'ul), إضرب =pukullah (fi'il amr berwazan if'il) dan أكرم =muliakanlah (fi'il amr berwazan af'il).
Contoh isim fi'il amr : صه shoh (diamlah), حيهل hayyahal (menghadaplah).
Contoh fi'il mudhori yg kemasukan lam amr : لينفق liyungfiq (hendaknya memberi nafkah), ليكرم liyukrim (hendaknya memuliakan), ليشهد liyusyhid (hendaknya mencari saksi) dan lain sebagainya.

Shigot amr ketika dimutlakkan & tdk bersamaan qorinah yg membelokkan dri makna aslinya, maka amr itu diarahkan kpd hukum wajib, contoh :
‎أقيموا الصلاة =dirikanlah sholat (menunjukkan hukum wajib sholat), وآتوا الزكاة =brikanlah zakat (menunjukkan hukum wajib membayar zakat), صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته =puasalah kalian krna melihat hilal, dan berhenti puasalah karna melihat hilal (menunjukkan hukum wajib puasa krna melihat hilal romadon dan wajib berhari raya krna melihat hilal syawal).

Ketika amr bersamaan dgn qoyid yg mengarah kpda slain hukum wajib, maka amr tersebut tdk lgi menunjukkan hukum wajib.

Berhubung media penulisan dibatasi, maka sekian dahulu yah insyallah dilanjutkan nanti :-)

POSTING BERKAITAN
TEMPLATE DESIGN BY
m-template | by: bagas96

Demi kelangsungan blog ini, silahkan untuk meng-klik iklan dibawah ini, gratis!!!!!

PESAN


Entri Populer Minggu ini

Arsip Blog

Total Tayangan Laman

Your browse

Mengenai Saya

Foto saya
tegal, jawa tengah, Indonesia

Pengikut

#top I powered by blogger.com